Soal Uji Pengetahuan Bab IV. Algoritma dan Pemrograman Kelas 9
1. Jelaskan yang Anda ketahui tentang sejarah kecerdasan buatan?
2. Mengapa sistem AI dapat berpikir seperti manusia (Thinking Humanly)?
3. Tuliskan fungsi non void (fungsi yang mengembalikan nilai)!
4. Tuliskan fungsi void (fungsi yang tidak mengembalikan nilai)!
5. Jelaskan perbedaan mendasar antara Procedure dengan Function!
6. Tuliskan kekurangan dalam Pencarian beruntun !
7. Jabarkan perbedaan mendasar antara kecerdasan buatan (komputer) dengan kecerdasan alami (manusia)!
8. Tuliskan lima jenis kecerdasan buatan yang sering kita temui!
9. Tuliskan hubungan mendasar antara Robotic dengan AI!
10. Uraikan Neural Network beserta tiap lapisannya!
11. Jabarkan tentang proses mengevaluasi dan memilih algoritma berdasarkan teknologi AI dalam e-commerce!
12. Apa defnisi algoritma dan contohnya !
13. Apa definisi psedocode dan contohnya !
14. Apa definisi flowchart !
15. Jelaskan dengan contoh kasus algoritma yang memiliki struktur runtunan !
16. Jabarkan hubungan antara Konteks layanan pelanggan dengan AI!
17. Tuliskan persyaratan hardware yang dibutuhkan dalam Microsoft Visual Studio !
18. Bagaimanakah keuntungan Proses Counting Sort?
19. Uraikan yang Anda ketahui tentang difinisi kecerdasan buatan (artificial intelligence) menurut Simon (1987) !
20. Mengapa sistem AI dapat berperilaku seperti manusia (Acting Humanly)?
Jawaban :
1. Istilah kecerdasan buatan pertama kali dikemukakan pada tahun 1956 di Konferensi Darthmouth. Sejak saat itu, kecerdasan buatan terus dikembangkan sebab berbagai penelitian mengenai teori-teori dan prinsip-prinsipnya juga terus berkembang
2. Dengan ditanami AI, mesin memiliki kemampuan untuk berpikir, melakukan nalar, dan koreksi diri. Namun, dengan adanya kecerdasan buatan, mesin ini dapat berpikir dan menganalisis sesuatu secara otomatis tanpa campur tangan manusia. Inilah alasan mengapa AI diprediksi dapat menggantikan peran manusia pada masa mendatang.
3. Fungsi non-void disebut juga function. Disebut non-void karena mengembalikan nilai kembalian yang berasal dari keluaran hasil proses function tersebut.
4. Fungsi void sering disebut juga prosedur. Disebut void karena fungsi tersebut tidak mengembalikan suatu nilai keluaran yang didapat dari hasil proses fungsi tersebut.
5. Procedure adalah sebuah sistem yang dapat menjalankan perintah dan sistem ini dapat digunakam lebih dari satu kali penggunaan.
Sedangkan Function adalah sebuah statement yang akan mengembalikan nilai kepada pengguna yang menginput data atau sebagai pemanggil.
6. - Search engine memudahkan pencarian data relevan
- Saat ini search engine juga support localized search
- Cepat Diakses
7. Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami akan cepat mengalami perubahan. Hal ini dimungkinkan karena kemampuan manusia untuk mengingat sesuatu cukup terbatas. Kecerdasan buatan tidak akan berubah sepanjang sistem komputer dan program tidak diubah.
8. - AI
- Digital Twin
- Intelligent Things
9. Robotic atau Robotika merupakan salah satu cabang AI yang menggabungkan cabang-cabang AI yang lain termasuk ketiga cabang di atas untuk membentuk sebuah sistem robotik. Keempat cabang AI tersebut merupakan cabang umum yang banyak dipelajari, masih banyak cabang-cabang AI yang lainnya.
10. Neural Network mengandung tiga lapisan, yaitu :
- lapisan masukan
- lapisan tersembunyi
- lapisan keluaran
11. Sesuatu dapat digolongan sebagai AI jika bisa meniru fungsi kognitif manusia, seperti mengenali lingkungan sekitarnya, menangkap pola, membuat keputusan, dan pada kasus tertentu bisa melakukan pembelajaran(learning). Dalam hal ini, fungsi Al adalah sebagai solusi terhadap berbagai hal secara lebih cepat dan cerdas. AI tidak harus selalu berbentuk robot seperti di film fiksi-ilmiah. AI bisa juga berupa komputer, perangkat, atau bahkan piranti lunak tanpa wujud. Jika disadari, hal tersebut itu merupakan bentuk kecerdasan buatan yang dibenamkan dalam perangkat keseharian. Namun tidak jarang juga kita sebagai pengguna justru tidak sadar bahwa kecerdasan buatan telah meresap dalam kehidupan.
12. Definisi algoritma dalam program komputer adalah daftar langkah atau instruksi untuk menyelesaikan masalah atau pekerjaan tertentu. Dengan adanya algoritma, akan lebih mudah untuk membuat program computer yang rumit sekalipun.
Contohnya :
1. Algoritma Sekuensial
2. Algoritma Perulangan
3. Algoritma Percabangan atau Bersyarat
13. Pseudocode adalah bagian dari algoritma yang bertujuan untuk memahami alur logika dari suatu program
Contohnya :
1. Pseudocode Menghitung Luas Segitiga
2. PseudoCode Menghitung Luas Trapesium
3. PseudoCode Menghitung Luas Lingkaran
14. Definisi flowchart adalah diagram alir yang tersusun dari bagan dengan berbagai bentuk.
15. Dibaca waktu tempuh seorang pelari marathon dalam jam-menit-detik (hh:mm:ss). Diminta mengkonversi waktu tempuh tersebut ke dalam detik. Tuliskan algoritmanya.
Ingatlah
1 menit = 60 detik
1 jam = 3600 detik
Misalnya waktu tempuh seorang pelari marathon adalah 1 jam, 5 menit, 40 detik. Dalam detik, waktu tempuh seluruhnya adalah ( 1 x 3600 ) + ( 5 x 60 ) + 40 = 3940 detik.
Penyelesaian :
Algoritma KONVERSI_JAM_KE_DETIK
{ dibaca jam-menit-detik (hh:mm:ss). Nilai jam-menit-detik dikonversi ke dalam detik, lalu ditampilkan ke piranti keluaran }
DEKLARASI
Type jam : record
J : jam
TotalDetik : integer
DESKRIPSI
read(J.hh,J.mm,J.ss))
TotalDetik ← (J.hh*3600) + (J.mm*60) + J.ss
write(TotalDetik)
- Kecepatan harddisk 5400 RPM
- Kecepatan prosessor minimal 1.6 GHz
- Membutuhkan ruang harddisk 4 GB
- Memory minimal 1 GB dan jika berjalan di mesin virtual menggunakan RAM 1.5 GB
- Serta resolusi 1024 x 768 piksel atau di atasnya
18. Proses Counting Sort ini terbilang efisien dan efektif serta prosesnya tidak memakan waktu lama.
19. Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi lain dan intruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia asalah cerdas.
20. Acting humanly adalah sistem yang melakukan pendekatan dengan merupakan tingkah laku seperti manusia. Hal ini berawal pada tahun 1950, Alan Turing merancang sebuah ujian untuk mengetahui sebuah mesin dapat berperilaku sebagai manusia.
Komentar
Posting Komentar